Tujuan dan Fungsi Label Pada Kemasan Produk | Fungsi Label Produk | Tujuan Label Produk

Label Produk, Tujuan dan Fungsinya

Label Produk adalah salah satu bagian dari sebuah produk yang berisikan informasi yang perlu dicantumkan dan diketahui oleh konsumen dan umumnya ditempatkan di badan produk dan di packaging produk. Dimana label itu terdiri dari keterangan yang di representasikan dengan kata – kata maupun berupa gambar dimana perannya ialah sebagai sumber informasi mengenai produk tersebut lengkap dengan penjualnya. Dimana label produk umumnya memang berupa nama atau singkatnya merek produk tersebut.



Tujuan dari label produk

  1.  Memberikan informasi tentang isi produk yang diberi label tanpa harus membuka kemasaan produk.
  2. Kemudian sebagai sarana komunikasi produsen kepada konsumen tentang hal-hal yang perlu di ketahui oleh konsumen tentang produk tersebut, terutama hal – hal yang kasat mata atau tidak diketahui secara fisik.
  3. Memberi petunjuk yang tepat pada konsumen hingga di peroleh fungsi produk yang optimum
  4. Sebagai sara periklanan bagi perusahaan produsen
  5. Memberi rasa aman bagi konsumen karena ada penjelasan komposisi nya.


Fungsi dari adanya label pada kemasaan(Packing)

  • Memberikan informasi : yang terdiri dari komposisi, tanggal kadarluarsa serta keterangan legalitas. Hal ini menjadii fungsi bagian label karena memberikan informasi detil dan juga membuat agar konsumen merasa aman mengenai produk yang akan mereka gunakan atau konsumsi.
  • Label merek : yaitu fungsinya ini memberikan nama merek pada produk agar menjadi pembeda atau menjadi karateristik dari produk itu sendiri dengan produk lainnya yang sejenis dimana merek menjadikan tanda pengenal yang baik mengenai produk kepada konsumen
  • Label tingkat : yaitu fungsinya untuk menunjukan kualitas mutu pada produk yang ditawarkan ke konsumen
  • Label deskritif : yaitu untuk mengambarkan ciri – ciri produk atau cara pemakaian produk tersebut.

Secara general label pada packing memiliki fungsi sebagai berikut

  1.           Untuk mengidentifikasi produk atau merek nya
  2.        Kemudian menentukan kelas atau kualitas pada produk itu
  3.       Menggambarakan beberapa hal mengenai (pembuatnya, kapan di produksi, isinya, bagaimana menggunakannya, dan dimana dibuatnya)

·       Serta sebagai bentuk mempromosikan produk lewat design gambar yang memiliki karakteristik sendiri. Contoh label pada produk :



Noted : Foto yang digunakan hanya digunakan sebagai contoh untuk isi konten mengenai label pada kemasaan suatu produk, dan tidak ada unsur lainnya. 

Komentar

Posting Komentar